Friday, January 26, 2018

PERESMIAN JALAN TOL TIAP BULAN




London stock exchange

Jalan tol Trans Jawa sepanjang 1.167 kilometer dari Merak - Banyuwangi direncanakan akan selesai tahun 2019 mendatang. Saat ini baru rampung separuhnya, 561 kilometer. Tapi melihat kecepatan pembangunannya, bakal selesai pada masa jabatan akhir presiden Jokowi 2019. Disamping itu dibangun pula jalan tol Trans Sumatera, sehingga presiden akan sibuk acara peresmian jalan toll dilakukan setiap bulan. Namun jangan marah marah dulu, wong peresmian itu tidak mengundang tamu, hanya presiden, beberapa orang Menteri termasuk trio pak Basuki Hadimulyono, bu Rini Soemarno dan pak Budi Karya Sumadi dan Direksi dan jajaran PT.Jasa marga.

Related image

Para tetangga yang keberatan atas massivenya pembangunan jalan tol dan infrastruktur dalam 3 tahun terakhir ini bertanya :"Untuk siapa jalan tol itu ?". Cobalah berfikir tenang, jalan itu akan memperlancar dan mengurangi biaya transport beras dari daerah central penghasil kedaerah yang kekurangan, kebutuhan 9 bahan pokok lainnya juga termasuk distribusi cabe, bawang merah, ayam.
Barang keperluan harian anda di mini market di kampung akan lebih murah biaya transportnya.
Juga tidak akan terulang lagi musibah jika perantau pulang kampung pada hari lebaran dan hari kejepit lainnya.

Dari mana dana untuk membiayai pembangunannya ?. Tentu dana APBN tidak akan cukup, tetapi PT.Jasa Marga mencari modal hingga ke Bursa London dengan menjual Obligasi Komodo sebesar Rp 4 trilyun (dalam Rupiah, bukan US $ lho).
Yang menarik ialah yang beli Obligasi itu 55% adalah Asia,  26% Amerika Serikat dan sisanya 19% ke Eropa. Berdasarkan tipe investor, 84% obligasi itu dialokasikan kepada perusahaan Manajemen aset dan 16% lainnya kepada ke bank serta institusi public atau private banking.
Sepanjang 2017, Jasa Marga melakukan sejumlah aksi korporasi lainnya untuk mendapatkan pendanaan dari pasar modal seperti Sekuritisasi aset dan Penerbitan obligasi oleh anak usaha untuk mendanai berbagai rencana perusahaan.
Image result for jokowi peresmian tol tiap bulan

Presiden setelah terakhir meresmikan jalan tol Surabaya - Mojokerto tgl 19 Desember 2017, rencananya, bulan mendatang akan meresmikan lagi ruas Ngawi - Kertosono atau Solo - Ngawi dan seterusnya ke Lampung, Palembang dan Sumatera Utara.

Image result for tol palembang

No comments: