Image result for CENGKEH POHON
Pohon cengkeh 
Semalam saya dapat telpon dari teman dari bukit Menoreh, Magelang:"Pak ada gagang dan daun cengkeh dari pengepul dng harga sekian"
Setelah nego, deal, franco fabrik, bayar paling lambat keesokan harinya.
Teman ini baru pensiun jadi masih sehat mencari barang tersebu jauh dari rumahnya di Kudus. Penjualnya adalah keluarga dekatnya, sebagai pengepul. Tentu dia tidak perlu modal kecuali biaya transportnya.
Inilah cara memulai usaha dengan modal kepercayaan. Familynya percaya dia mencari pembeli dan dia dapat keuntungan lumayan. Semakin banyak penjualan semakin besar untungnya.
Memulai usaha bisa dengan mengkoordirir keluarga dekat, paman, tante, abang - adik dan tetangga terdekat.
Kumpulkan barang seperti cengkeh, durian, mangga karet, jahe, pala, sayur dll, kemudian jual kepada pedagang besar atau toke. Kita menjadi pengepul.Pembayaran kpd keluarga dilakukan pada saat yg sama, toke membayar.

Image result for supermarket
Supermarket

Dengan terkoordinir begitu, daya tawar kita kuat untuk mendapatkan harga yg lebih tinggi.Antar keluarga dan tetangga tidak saling bersaing harga paling rendah. Kwalitas bisa distandardisasi. Biaya transport ditanggung bersama.Jika pun misalnya jadi pemasok ke supermarket, persyaratan supermarket seperti jaminan bisa ditanggung bersama sama.
Lebih bagus lagi kalau membentuk badan usaha bersama seperti CV atau Koperasi sehngga lebih bonafid menghadapi fihak pembeli.
Masalah yang sulit itu bukan mencari produk agro, tetapi memasarkannya. Jika pembeli sudah ada, tinggal koordinir keluarga dekat, tetangga dan sahabat. Itu saja, jangan melebar mengundang orang yg tidak dikenal.
Kalau bisa dibuka Mini market kebutuhan sehari hari, sehingga anggota keluarga yg perlu bahan pokok tersedia, pembayarannya diperhitungkan dengan produk yg dititip untuk dijual.
Jadi memulai agro bisnis itu tidak harus modal besar, mulai dulu dengan mengkoordinir, jadilah pengepul keluarga terdekat, tetangga dan teman dekat.