Thursday, February 8, 2018

BISNIS WISATA

Related image

"Tidak bosan ke Bali, ke Yogja ?", kata saya ke seorang teman Direktur mal yg bawa anaknya setiap libur dan mengajak kami.
"Selalu ada wahana permainan baru yg anak2 suka", jawabnya.
Libur terakhir dia bawa anaknya ke Malang, yg sekarang tempat wisata favorit di Jatim. Dia posting beragam foto di instagramnya.
Image result for wisata alam jogja

Dia juga membawa rombongan pegawainya dr Jakarta ke Bali dan ke kampung Ahok dan terakhir ke danau toba. Pegawainya menjadi termotivasi kerja.
Di beberapa tempat belakangan ini muncul fenomena baru, mengelola bisnis wisata alam seperti naik sepeda diatas tali, pondok kecil diatas pohon, penyewaann mobil mobilan menerobos tantangan alam, rafting dll. Itu ada yg dikelola secara swadaya masyarakat dng baik.
Ini merupakan bisnis yg sedang in. Lihat saja foto foto bertebaran di instagram dan fb sehingga menjadi iklan promosi gratis menarik wisata lokal untuk datang

Image result for wisata alam jogja



CORPORATE CULTURE GARUDA

Image result for pesawat garuda indonesia terbesar

Seorang teman ex pejabat tinggi Garuda resign sebelum usia pensiun dan marah menyebut Dirutnya Emirsyah Satar itu maling. Saya pikir waktu itu dia sendiri yang tidak bisa menyesuaikan diri dng corporate culture Garuda. Atau marah karena dicopot, tidak lagi menikmati comfort zone sebagai kepala perwakilan Garuda di Eropa
Ternyata sikapnya marah karena mengetahui permainan disekeliling BOD termasuk Dirut. Sinyalemennya kemudian tebukti setelah pak Emirsyah Satar ditangkap KPK. Jika sampai Dirut itu korupsi pembelian pesawat bisa dipastikan diketahui oleh lingkungannya dan mengakibatkan ineficiency.
Makanya ketika saya mau minta waktu persentasi didepan pak Emir, Dir Keuangan pada waktu itu tidak berhasil, dihalang halangi. Pada hal saya dapat Surat yg ditanda tangani pak Emir sendiri. Saya dapat tawaran dari Bankir Eropa. Garuda waktu itu memenuhi syarat untuk dapat pinjaman Bank Eropa karena Garuda punya jadwal penerbangan ke Eropa. Pada hal sebelum krismon Garuda mampu menerbangi route Jakarta - Los Angeles. Sekarang kita malu jika ke US mesti naik pesawat lain. Harga diri kita sungguh rendah sekali tidak ada national carrier yg landing di US.
Image result for pesawat garuda indonesia terbesar

Kalau Garuda tidak merubah corporate culturenya maka maskapai nasional ini tetap akan digerogoti.
Makanya tidak salah kalau Garuda rugi. Pd semester I 2017 saja rugi sebesar $ 283 8 juta atau Rp 3,77 trilyun. Kerugian tsb tentu ada kaitan dng kebijakan yg salah sebelumnya yaitu pengadaan jenis pesawat yg tidak sesuai sehingga tidak bisa bersaing di rute internasional dng pesawat seperti Qatar air, Singapore air line, Turkish air dll. Tidak ada artinya menjadi top 5 Asia Pasific airline dan On time performance 85% jika komposisi pesawat tidak direstruktur.
Direksi Garuda tahu juga kalau Air Asia saja bisa untung pada smester I 2017 sebesar $ 21 juta. Keuntungan ini diperoleh oleh occupancy penumpang yg mencapai 82% dan jenis pesawat yg efisien. Sedang Garuda hanya mampu mendapatkan occupancy 73,3%.
Untuk menyehatkan Garuda mesti ada restrukturisasi jenis pesawat, BOD yg bersih untuk merubah corporate culture yg ineficien.

Wednesday, February 7, 2018

IKAN ITU SEHAT DAN MURAH




Ditengah tingginya harga daging sapi akhir akhir ini adalah kesempatan baik untuk memberbanyak konsumsi ikan laut, yang akhir akhir ini supplynya meningkat tajam setelah Menteri Kelautan, Ibu Susi Pujiastuty dengan sangat berani memberantas illegal fishing. 




Dengan meningkatkan supply ikan laut, maka harganya cendrung turun lebih murah sehingga masyarakat Indonesia punya alternatif lauk diatas meja. Sebenarnya rasa ikan laut itu memang lezat jika kita sudah biasa menikmatinya.
Saya sendiri sejak kecil suka ikan laut yang biasa dimasak Ibu saya terutama jika dimasak gulai dengan santan kelapa, dibakar maupun dipanggang, yang di Sibolga disebut "Panggang pacak".



Pantai Teluk Sibolga

Hingga hari ini jika makan baik di rumah maupun restoran jika ada pilihan dagin dan sayur, saya akan memilih ikan terlebih dahulu. Lagi pula ikan juga mengandung vitamin yang kita butuhkan. Dari pada mengkonsumsi daging, disamping mahal karena harus diimpor, juga meningkatkan kholesterol dalam tubuh.

Diposting Pinondang Situmeang. Email c2_pin@rocketmail.

Wednesday, January 31, 2018

JASA CARGO PRIMADONA

Image result for JASA CARGO

Toko ritel boleh tutup, pengunjung mal boleh berkurang. Pengiriman surat via kantor boleh sepi.
Tapi sebaliknya bisnis cargo pengiriman barang justru makin ramai aja. Apa pasal ?. Semua juga tau E-commerce, belanja on line makin ramai aja. Org malas ke mal, tinggal tekan tombol, bayar, eh bang gojek ngetok pintu. Mal berubah wajah jd tempat pertemuan, hang out ngopi ngopi kopi Gayo, kopi Mandhailing dan menu menu yg maknyos. Selama thn 2016 lalu belanja on line 8,7 juta transaksi. Diprediksi thn ini naik 20-30%, bisa diatas 10 juta transaksi. Bayangkan.

Image result for cibubur junction mall

Lho kalo gitu mengapa ga buka bisnis cargo aja dr pd ribut ribet jadi Tengkulak. Lah kan modalnya gede. Siapa bilang. Belajar dulu dong jadi agen beberapa tahun, baru mikir buka usaha brand name sendiri dng nama putri loe.
Jadi agen paling gampang, modal kecil dibawah Rp 10 juta, 1 komputer, 1 motor, 2 pegawai. Cuma harus mencapai transaksi misalnya minimal Rp 5 juta per bulan. Ah itu mah gampang, hanya kira kira Rp 1.250.000 per minggu atau rata rata Rp 250.000 sehari. Masak sih ga mampu. Ga usah ikut demo demo lah. Urus bisnis saja. Jangan iri lihat org naik mobil bagus.
Terus tempat usahanya dimana?. Saya perhatikan jalan dr Karawaci arah ke Binong, usaha cargo dimana mana, ada JNE, eh ga jauh ada Tikki. Itu rumah lho. Ya bisa buka dirumah sdndiri. N
Mau ramai, ya sewa ruko dilokasi bisnis. Kerjasamalah sama teman, ntar sewanya pasti ketutup. Komisinya lumayan.
Coba lihat JNE dalam 10 thn terakhir omzetnya meningkat 30% setahun. Makanya perusahaan cargo baru tumbuh seperti jamur dimusim hujan. Tinggal pilih, persyaratan agen yg lbh ringan, ada pula yg bisa terima cargo cair. Perusahaan cargo besar malah sudah mulai buka Gudang dibeberapa kota untuk kerlancaran distribusi ke daerah. Itu kelebihan PT.Pos yg sudah memiliki 4569 kantor dipelosok Nusantara.
Ayo sayang, kita buka agen dirumah aja ya, sambil ngooi ngopi duit masuk.

Monday, January 29, 2018

MIMPI BESAR SEORANG KAKEK

Image result for pkl tanah abang

#Chapter Three
Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.
by Netu Julianty
Alkisah,Om Pino memutuskan untuk mengadu nasib di ibukota.Berangkat dari Medan menuju tanah abang,untuk menjadi orang berhasil.Perjuangan Om Pino dimulai dengan menjadi pedagang emperan kutang ditanah abang.Setiap hari Om Pino giat bekerja(kepala dibawah leher dan kaki nginjek tanah) betul betul berat perjuangannya.setiap hari tereak tereak"Dipilih,dipilih,beli satu seribu,beli dua dua rebu,beli tiga tiga rebu.."kasihan modal pas pasan,suara cempreng,dan memang faktor lucknya kurang,akhirnya Om Pino gulung karpet.
Tapi untungnya mental baja perantauan sumatra masih bersemayan kepala Om ini,beliau pantang menyerah,melihat celah dunia kuliner,beliau memutuskan jualan martabak.meskipun saingannya berat(kebetulan ada anak presiden juga yang saat itu jualan martabak,kesian kali kau Om Pino,saingan kau bukan kelas bulu,tapi kelas barbel).
Tapi dengan kreatifitasnya yang ajib,Om Pino berhasil usahanya,beliau berhasil membuka banyak cabang dipelosok Jakarta,dari jualan martabak si om bisa beli ruko di tanah abang...
Sekarang.Horasss Bahhh kali Om Pino itu.Gayanyapun berubah dari rokok linting tembako,ganti Malioboro(sengaja disarukan biar gak disangka iklan terselubung) sekarang jadi rada perlente beliau...
Jiwa bisnis membuat om Pino melirik bisnis lain.jaman itu dunia fashion lagi booming kaos bertuliskan nama binatang imut"Kamfret"Om Pino punya ide untuk menulis binatang imut lainnya sebagai Icon Kaosnya yaitu 'Kecebong'
Ternyata daya jual Kecebong lebih hot dari pada Kamfret.sekali lagi kesuksesan ada ditangan si om.beli ruko lagi deh....kaya raya ceritanya Om kita ini,sekarang gayanya kayak Mafioso.dari Berastagi,pake topi,kacamata item dan rokoknya ganti jadi Cigar.....weehhhh wajarlah..soalnya Si Om bisa bantu orang beli..lamborghini dari setoran palakan...hebatkan?
Tahun Berganti,pemimpin jakarta juga silih berganti.hidup ini berputar.sejak.akhir tahun lalu,si om mulai kendor bisnisnya.karena pemimpin yang baru ternyata sangat penyayang..,usaha Om Pino yang ada didalam ruko di beberapa blok mulai menurun,soalnya emperan jalan diluar dijadikan tempat berjualan secara sah oleh pimpinan daerah yang berkeadilan sosial sangat tinggi.menyayangi Om Burhan dan Om Udin yang ujug ujug datang,dengan modal kecil...dibantu mendapatkan tempat ditrotoar.(katanya sih gratis,tapi ada yang bilang bayar sedikit,ada juga yang bilan setoran gede,gak jelas pulak..)Yang Jelas hanya satu...sang pemimpin ingin berbuat adil.kan kasihan yang modalnya kecil harus dibantu sampai keakar akarnya.Itulah keadilan yang sebenarnya Om,yang kerja jungkir balik dan yang ujug ujug datang harus rata penghasilannya.pemerataan begitu.sistem ini berhasil loh dibeberapa negara,cuma namanya apa ya?Teralis,atau atau Tongsis..ada is isnya gitu,lupa saiyahhh..nanti rumah kita bisa seragam ya....biar tidak ada kesenjangan.Begitu loh keadilan sosial versi jaman now.
Om,semua cobaan pasti ada hikmahnya.tak perlulah kau sesali atau nangis guling guling gigit bantal.kerja keras bertahun tahun ,terancam gulung tikar...Om juallah semua ruko di blok A dan G itu,om beli hape seken.mulailah om jualan online,pulanglah kau kemedan,tapi jangan sekarang ya om,Tunggu Mantan Wagub Jakarta yang inisialnya Djarot Saiful Hidayat Jadi gubernur disana,jangan sebut nama jelas ya gak enak...tar dibilang curi start pulak kita...kalau yang lain takutnya dapat gubernur yang terlalu penyayang,bisa pusing dua kali kau om,Pahamkan sayang?
Ini cerita analogi dari kata kata Babo Erizeli Jely Bandaro,di TKP sebenarnya kejadiannya begini;
'If You Are Qualified only for 2 millions,Itulah yang menjadi hak anda,dari kerja keras anda,Kalau anda mendapatkan 3juta artinya itu hak orang lain' anda bisa mendapatkan yang sesuai hak anda,,Uhuk Uhuuuuuukkkkk,Babo mulai batuk batuk sambil pegang dada,Sang moderator sibuk,Aeerrrr,aeerrr.minum dulu Babo,
'Emosi saiyaaaaahhhhhhh,kalo ngomongin yang beginian"...'itu dimanaaaaa letak keadilan sosialnya cobaaakkkkkkk....'Uhuuukkkk uhuukkkk..
Sabar ya Babo,tdk usah khawatir,Semua kecebong akan jadi kodok, DDBers akan ngumpulin cebongers yang .
Semua akan kecebong pada waktunya..
Untuk Indonesia Yang lebih baik.dukung orang baik.J2P
Salam Baik.
Note:kurangi merokok ya Babo sayang,biar lebih sehat...jadi pas kopdar tdk pake batuk