Saturday, July 2, 2011

PASAK BUMI, OBAT HERBAL TERKENAL

P A S A K - B U M I 
by Anatoemon 

Pasak bumi dikenal dengan reputasi untuk para pria saja. Tepatnya untuk obat kuat pria (katanya). Tidak heran banyak pria yang membeli pasak bumi dengan muka salah tingkah malu-malu bila yang menjual adalah seorang perempuan muda.
            Dalam pengobatan tradisional Suku Dayak Ngaju, pasak bumi tidak hanya digunakan untuk mengobati para pria. Pasak bumi dikenal dapat mengobati sakit pinggang, pegal-pegal, nyeri otot, kencing manis, tekanan darah tinggi, kolesterol dan memulihkan stamina. Nah, bagian memulihkan stamina ini tidak hanya untuk pria, tapi juga untuk semua jenis kelamin.
Pasak bumi yang bernama latin Eurycoma longifolia yang dikenal sebagai obat ini adalah bagian akarnya. Akarnya yang menghunjam tanah lurus ke bawah itu juga sering menimbulkan persepsi tersendiri bagi beberapa orang. Umumnya akarnya tidak bercabang lagi di bawah tanah, hanya ada cabang-cabang kecil yang kalau di pohon bisa disebut sebagai ranting. Tidak berbeda dengan pertumbuhan bawah tanah, bagian atasnya pun hampir sama. Pohon pasak bumi tumbuh hampir tanpa cabang.
Pasak bumi sebagai obat rasanya sangat pahit, rasa obat sejati. Pasak bumi biasanya dijual dalam 3 bentuk : dipotong-potong dan dimasukkan dalam kemasan, dibuat seperti gelas dengan tutupnya, atau berbentuk asli yang benar-benar seperti pasak menghunjam bumi itu. Cara menggunakannya adalah dengan diseduh air panas, diminum 2 x sehari setelah makan.
Khusus untuk pasak bumi yang telah dibentuk seperti gelas, airnya jangan menggunakan air mendidih karena kemungkinan akan terjadi keretakan akibat pemuaian. Khasiatnya tetap sama seperti yang dipotong-potong menjadi kecil-kecil. Rasanya pun sama, PAHIT. {ST}



Post a Comment