Thursday, April 21, 2016

WISATA KE DANAU TOBA MELALUI BANDARA SILANGIT

 
                                   Danau Toba

Keindahan Danau Toba sudah terkenal diseantero Nusantara. Siapapun ingin menyaksikan keindahannya sembari melihat kebudayaan Batak disekitar danau dan mendengar musik dan lagu yang banyak digemari di Tanah air.

Tetapi kendala pertama adalah jauhnya jarak, lamanya perjalanan bandara Kuala Namu di Medan hingga ke Danau Toba sekitar 4 - 5 jam, menjadi kendala utama. Tetapi dengan ditingkatkannya bandara Silangit menjadi bandara Internasional, maka kendala tersebut dapat diatasi. Jarak bandara ke Danau Toba hanya sekitar 60 menit saja.

Lokasi bandara ini hanya 7 km dari kota kecil yang dingin, Siborong borong, Kabupaten Tapanuli Utara yang ibukotanya Tarutung. Jika wisatawan senang laut, bisa meneruskan perjalanan ke pantai Sibolga yang indah, juga dengan pesawat Silangit - Sibolga, Tapanuli Tengah



Danau Toba Jadi Monaco of Asia, Bandara Silangit Akan Dirombak Seperti Ini
                  Maket bandara baru Silangit (Rumah bolon Toba)


Rumah bolon, Rumah raja adat Batak

Sebelum bandara itu ditingkatkan menjadi bandara Internasional baru dua maskapai yang menerbanginya yaitu Wings air dan Susi air. Tapi setelah bandara ini dikembangkan, Garuda dan Batik air. Dalam waktu dekat diharapkan Citilink dan Sriwijaya menyusul.
Ticket Jakarta - Silangit juga relatif murah, hanya Rp 690.000 one way.

Pada tahap I bandara ini akan diperpanjang menjadi 2.450 x 45 meter agar dapat didarati pesawat Jet yang lebih besar. Selanjutnya akan dikembangkan hingga tahap ketiga sehingga dapat didarati pesawat Airbus A320 Neo


Danau Toba difoto dari salah satu hotel di Parapat. | sdf/pojoksumut
                                                            Danau Toba

pic pinjem dari ndahsaja.com

Dari bandara Silangit di Siborong borong akan melewati kota Balige, Porsea baru sampai di kota Parapat (Danau Toba), hanya sekitar 70 kilometer.


Post a Comment