Monday, July 18, 2011

TURN UP SIDE DOWN (9)

BERKEMBANG  bersama JiNgga-sEnjA (9)


Jika kita tdk berhasil meningkatkan performance lebih  baik dr Pimpinan sebelumnya, itu adalah suatu indikasi bahwa sebenarnya sebagai  Pimpinan kita telah gagal.Ini menjadi catatan bagi Pimpinan diatas kita bagaimana kapasitas kita dan menjadi pertimbangan promosi kita selanjutnya.

Pada hari pertama kita duduk di bangku Pimpinan, yang prioritas kita lakukan adalah melakukan analisa SWOT sementara, mengenali medan operasional baru, (Strength, Weaknes, Opportunities dan Thread). Disebut sementara, karena dibutuhkan analisa yang lebih mendalam setelah kita settle beberapa waktu. Ajak diskusi Staf pd posisi posisi kunci. Pada Day one kita sudah dapat  gambaran Weakness dan permasalahan unit tsb.

Berikutnya, analisa Struktur unit Organisasi tsb. Dengan  mengenali Struktur operasional, maka dengan merubah strategi pada Struktur kunci, maka  dampak positifnya akan langsung langsung terasa.

Dibawah ini beberapa contoh kasus, sekalian pengalaman saya. Ketika mengelola unit yang merugi bertahun tahun sejak beroperasi misalnya, maka perlu dilakukan expansi pd sektor sektor tertentu yang memberikan kontribusi berpenghasilan tinggi, maka unit Organisasi tsb berubah total menjadi unit yg untung pd tahun pertama dibawah kendali kita.

Ketika memimpin Unit  bagian Umum, keberhasilan kita juga bisa diukur, misalnya kita berhasil mengurus Sertifikat tanah, yang selama ini relatif sulit. Setelah kita berhasil dengan cara kita maka  pembangunan Gedung  bisa dimulai. Itu termasuk keberhasilan kita di bidang Logistik, yang oleh Pimpinan kita akan dicatat.

Contoh lain, setelah mengetahui Struktur unit Operasional, maka hanya dng expansi 20% pd beberapa nPrime Costumers saja, maka gaji karyawan sudah mampu tercover dari Nasabah inti ini. Pendapatan lainnya berasal dari nasabah regulair untuk biaya lain lain dan pasti, keuntungan meningkat tajam.

Pada saat kita dipindah ke unit Organisasi lain, di daerah lain misalnya, dalam waktu yang lama  nama kita akan dikenang, menjadi "A tale to tell", nama kita menjadi legenda.dengan mengatakan : "Ketika pimpinan unit dipimpin Mr X, usaha  serta  SDM di unit tsb maju", kata mereka.

Post a Comment