Friday, July 22, 2011

SERVICE YANG PRIMA (10)

BERKEMBANG bersama JiNggA-sEnjA (10)


Slogan ini sudah cukup usang, tidak menarik, kuno, semua sudah maklum. Tapi dalam kenyataan sehari hari kita sering kecewa mendapatkan pelayanan yang tidak memuaskan, lama dan kwalitas pelayanan yang buruk. Kita sudah mengerti slogan "The customer is King". tetapi Kingnya malah dikecewakan. Atau theory marketting "Buyers market", tetapi yang terjadi tetap "Sellers market"

Apa tolok ukurnya dinilai memuaskan. Ukurannya ada dua yaitu waktu dan kwalitas service, bila dibandingkan dengan usaha sejenis. Bisa saja misalnya mengantri untuk mendapatkan kursi maka n di restoran, pd hal restoran di sebelahnya kosong/sepi.Disini kwalitas jd tolok ukur.


Sebaliknya, orang memilih menggunakan jasa Bank A yg pelayanannya relatif lbh cepat dibanding dengan Bank B.Apa yang sebenarnya terjadi

Yang sering dilupakan oleh Pimpinan unit Organisasi itu adalah tersedianya sarana pendukung agar service berkwalitas dan cepat. Disinilah kwalitas Pimpinan diuji. Apakah Pimpinan peduli dng tersedianya sarana pendukung, juga dibandingkan dng usaha sejenis di kota, di lokasi yg sama. Pemimpin yang betul menjiwai pelayanan akan mencukupi sarana kerja yang paling mutakhir bahkan sampai sarana pembantu kenyamanan nasabah.

Karena dampak akhir semua itu adalah meningkatkan Sales dan Keuntungan usaha yg menjadi ukuran kwalitas kita sebagai Pimpinan. Pelayanan prima tidak hanya dipidatokan kepada karyawan, tetapi juga dilengkapi dengan sarana dan prasarana pendukung yang memadai.


Pd thn 1984 atau 27 tahun yang lalu diruang tunggu Bank BRI Kudus, Jawa Tengah saya tempel  Pengumuman "Pelayanan lebih  5 menit lapor Pimpinan".Disebelahnya dipasang Jam. Semua karyawan di loket disediakan sarana lengkap, tidak perlu meninggalkan meja untuk meminjam sesuatu kepada pegawai yang lain.

Pelayanan lain adalah menjadwalkan setiap hari "Penjemputan setoran" bagi Nasabah nasabah yang telah mendaftarkan diri. Satu unit mobil Jeep Toyota disediakan  khusus untuk tujuan ini, tanpa pengawalan Polisi, kecuali asuransi Cash in transit.

Intinya adalah sesuatu diukur sebagai Pelayanan yang prima jika Pemimpin Organisasi sadar dan menjiwai Pelayanan yang cepat dan berkwalitas dibandingkan dengan Usaha sejenis dilokasi, kota yang sama


Post a Comment