Tuesday, June 28, 2011

MODAL.... ADALAH KEPERCAYAAN (SERI 3)

BERTUMBUH bersama JiNggA-sEnjA (Serie 3)


Jika bertemu dengan teman atau seseorang dan kita bertanya :” Kenapa tidak buka usaha saja?”.Atau..."Kenapa usahanya tidak diperbesar ?" Jawabannya yang akan kita dengan hampir pasti adalah :” Tidak ada modal”.

Akan tetapi jika  memang serius ingin berusaha/memperbesar usaha, sebenarnya modal bisa dicari dan dikumpulkan. Yang diperlukan pertama adalah apakah Anda bisa dipercaya. Apakah dalam kehidupan sehari hari kita dapat dipercaya.
Apakah selama berhubungan dengan seseorang, keluarga, teman kita selalu menepati janji. Misalnya Anda mengatakan :”Saya akan datang jam 10”, tetapi pada jam tsb Anda tidak datang bahkan tidak memberitahu. Ini merupakan catatan bagi orang lain. Jika hal ini terulang kembali, maka konsekwensi logisnya adalah kharakter Anda memang sulit dipercaya.


Apalagi jika Anda meminjan uang tanpa perjanjian tertulis (dari siapa saja) dan tidak mengembalikan sesuai dengan kesepakatan, maka jangan heran jika suatu saat butuh dan ingin meminjam lagi, hampir pasti akan ditolak. Sama halnya jika pinjaman itu diikat secara tertulis.

Langkah pertama yang dilakukan dalam mencari modal bukan meminjam uang, tetapi menggunakan modal kita sendiri. Tanpa kita sadari, sebenarnya kita memiliki modal sendiri (Net Worth) misalnya berupa tanah kosong, perhiasan, kendaraan yg berlebihan.  Dengan menjual harta yang selama ini menganggur, tidak produktif dan tidak menghasilkan apa apa.  

Jika tidak mencukupi, baru mencari pinjaman modal dari keluarga dekat, keluarga besar. Jika selama ini Anda selalu menepati janji, maka mereka tanpa ragu ragu akan membantu meemberi pinjaman.

Dengan membuka usaha sendiri dari kecil, dengan berjalannya waktu, maka jika ingin memperluas usaha barulah memanfaatkan pinjaman dari Koperasi, Yayasan ataupun Bank. Dan jangan heran, disamping formalitas, persyaratan kredit dan jaminan, maka yang pertama diteliti lebih dahulu adalah Character Anda. Sifat dan tabiat Anda.Dalam dunia keuangan Character merupakan C yang pertama dari 5 C of Credit.



Tehnik untuk mengetahui Character seseorang tentu Bank memiliki Buku Panduan dan pengalaman dimana Bank itu beroperasi, terutama dari fihak fihak yang terkait dengan usaha Anda. Apakah Anda selama ini jujur dalam transaksi bisnis. Bahkan termasuk melihat copy angsuran Kartu kredit Anda, bisa menunjukkan kharakter Anda yang sebenarnya, apa membayar angsuran tepat waktunya atau tidak.

Demikian sederhana, ternyata tabiat, sifat atau Charakter merupakan yang terutama dan yang pertama dalam teori di dunia Perbankan yang dikenal dengan 5 C of Credit : Character, Capacity, Capital, Condition dan Collateral.C yang pertama adalah Character dan Collateral (Jaminan) justrumasuk C terakhir. Bahkan akhir akhir ini banyak Pinjaman tanpa Jaminan harta bergerak/Harta tetap sampai jumlah tertentu.

Oleh sebab itu jika ingin berusaha modal bukanlah menjadi kendala, sepanjang nama baik (Character) Anda bisa dipercaya. Jadi pegawai tidak mungkin akan kaya, oleh sebabitu, berusahalah

Post a Comment