Friday, July 15, 2011

BUDAYA KORPORASI (8)

BERTUMBUH bersama JiNggA-sEnjA (8)


Sebagai Calon staf Pimpinan, Anda telah terpilih, dipersiapkan kelak akan menjadi Pimpinan di Organisasi, Lembaga yang Anda masuki. Disitu memasuki Organisasi baru tsb, Anda akan melihat, mencium dan merasakan suatu aroma Budaya yg lazim, yang khas Organisasi tsb yang lebih dikenal dengan CORPORATE CULTURE.

Ditingkat Bagian atau Cabang, budaya ini tdk begitu kuat pengaruhnya thdp karir atau promosi. Baru sejak di level Regional hingga Kantor Pusat nampak sekali secara kasat mata.
Di level regional dan Kantor Pusat, kedekatan personal  dengan Pimpinan kepada manager manager tertentu sangat terasa, karena Pimpinan memahami kharakter manager manager  tsb, tanpa menafikan keahlian dibidang masing masing yang dibuktikan oleh rekord "Performance" memimpin suatu unit organisasi di tingkat Cabang, Regional maupun Manager di Pusat beberapa periode  sebelumnya. Ini semua tercatat dalam file SDM masing masing manager. Pimpinan mengetahui bahwa manager tsb mampu memenuhi Visi Pimpinan dan bergerak cukup cepat dan tanggap atas kemauan Pimpinan Organisasi.
.
Dua ukuran yg patut diperhatikan disini. Pertama kedekatan personal dan kedua, perform. Hubungan Pimpinan dengan manager bisa dekat, tetapi tidak istimewa, tidak begitu berhasil, bukan manager istimewa. Pimpinan pasti tidak akan menempatkannya pada posisi Strategis, karena akan berdampak negatif terhadap Organisasi secara keseluruhan. Manager sejenis ini tidak layak dianggap sebagai saingan mendapatkan posisi Strategis.

Sebaliknya perform tetapi kurang dekat dengan Pimpinan, dinilai masih jauh lebih baik. Kedekatan personal disini lebih diartikan, mempercayai bahwa kita bisa diandalkan. Karena faktor kepercayaan itulah selama ini kita diberikan authority yang lebih besar. Tidak diartikan dekat karena SARA, kedekatan family dsb.

Jika kita termasuk dlm inner circle Pimpinan puncak Organisasi, misalnya sudah masuk dalam grup main golf, yang merupakan salah satu sarana mengetahui kharakter kita, maka promosi sdh ada ditangan. Ini salah satu Budaya dalam Organisasi.
Disamping itu, dukungan dan pengertian pasangan (istri, suami) sangat dibutuhkan manakala Bos membutuhkan data/laporan atau kehadiran Anda sampai larut malam atau main di lapangan golf diluar kota, bahkan di Luar Negeri. 
Dalam setiap level unit Organisasi akan diketahui Budaya Korporasi, tetapi yang menjadi kunci tetap performance/keberhasilan memimpin unit Organisasi, terkandung didalamnya kejujuran dan kedekatan personal karena dipercaya, bukan karena kedekatan family, ras, agama.
Post a Comment